Rektor Unma: Mulai Desember Ini Unma Aktif Kembali

MAJALENGKA (CT) – Rektor Universitas Majalengka (Unma), Prof. Dr. H. Sutarman mengatakan mulai bulan Desember 2015 ini, status Unma telah aktif kembali dengan pakta integritas dari Kopertis dan Kemenristek Dikti. Sutarman mengatakan 8 Desember 2015 lalu, datang tim independen dari Kemenristekdikti melakukan sidak ke Unma dan opini tim independen ini menyatakan Unma sudah menunjukan upaya luar biasa dan pantas direaktivasi.

“Jadi 10 Desember di Kopertis melakukan reaktivasi dengan pakta integritas, jadi mulaI 11 Desember sudah aktif kembali seperti sediakala dengan baju baru dengan 100 dosen,” jelas Sutarman kepada awak media saat konferensi pers di kampus Unma, Jumat (18/12).

Sutarman mengungkapkan hasil sidak tim independen Kemenristekdikti di Unma terdapat 234 dosen dan 6.528 mahasiswa.

“Dengan demikian rasio mahasiswa dengan dosen 1 : 28 kalau didistribusikan dengan prodi-prodi, range nya 1 : 30 sampai 1 : 35,” ungkap Sutarman.

Sutarman mengungkapkan upaya reaktivasi tersebut diantaranya dengan rekrutmen dosen dan kuliah luar domisili atau kelas jauh dihapuskan.

“Kami juga merapatkkan barisan dengan konsolidasi internal secara rutin, berkurangnya rasio dosen dengan mahasiswa, Unma melakukan akselerasi pelayanan dan evaluasi jumlah mahasiswa ternyata banyak mahasiswa tidak aktif, dua semester berturut-turut tidak registrasi itu dinyatakan tidak aktif,” jelasnya.

“Kita merekrut 100 dosen baru dengan anggaran milyaran untuk menggajinya, menghapuskan kelas jauh, maka kami mempersilahkan Kopertis dan Kemenristekdikti untuk mensurvei kelas jauh di Indramayu dan Cirebon yang hasilnya nol,” jelasnya lagi.

Sutarman mengungkapkan pada 7 oktober 2015 Unma dinyatakan clear tidak ada kelas jauh dan kemudian untuk rasio dosen pada bulan November sudah selesai.

Ia menjelaskan dampak non aktif ini tidak berdampak ke pembelajaran tapi ke dosen, sertifikasi ddosen ditangguhkan, hibah untuk penelitian dosen ditahan dulu dan beasiswa dosen melanjutkan kuliah dalam setahun ini tidak mendapatkan.

“Sedangkan dampak ke mahasiswa hanya was-was saja kami konsolidasi ke mahasiswa bahwa pembelajaran tidak terganggu serta kami juga melakukan klarifikasi ke para orangtua mahasiswa, birokrat dan DPRD termasuk ke kepolisian,” ungkapnya.

Sementara salah seorang mahasiswa Unma Nunung Nurmalasari mengaku merasa lega dan senang dengan status aktif kembali Unma.

“Mudah-mudahan tetap aktif dan terus maju dan menjadi lebih baik,” jelas mahasiswa Fisip Unma itu.

Seperti diberitakan CT sebelumnyya Unma pernah dinonaktifkann sistem PDPT Kemenristekdikti karena tidak idealnya rasio dosen dengan mahasiswa dan diduga melakukan sistem perkuliahan kelas jauh. (Abduh)

1608 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*