Relawan TIK Majalengka Lakukan Monitoring Siladdu Ke 60 Desa

Majalengkatrust.com – Relawan TIK Majalengka mendukung Pemkab Majalengka dalam pemberdayaan dan implementasi teknologi informasi, bekerjasama dengan Dishubkominfo melakukan monitoring dan evaluasi Siladdu (Sistem Informasi Pelayanan Desa dan Data Terpadu) ke 60 desa yang menjadi pilot project.

“Monev dilaksanakan dari 31 Agustus-19 September, ke depan diharapkan 337 desa akan memakai aplikasi Siladdu ini,” kata Wanta Heryana Pengurus Relawan TIK Majalengka, Bidang Sarpras kepada Majalengkatrust.com, Jumat (16/09).

Dikatakan dia, tujuan Monev Siladdu untuk evaluasi sejauh mana perkembangan tentang aplikasi pelayanan desa menggunakan Siladdu.

“Outputnya dengan menggunakan Siladdu mempercepat pelayanan dan pusat data yang terpadu, antara desa dengan kecamatan dan kabupaten,” ungkapnya.

Aplikasi Siladdu ini menurut dia berisi surat menyurat, adminduk, statistik dan keuangan.

“Sekarang baru pilot project di 60 desa, ke depan target semua desa,” ungkapnya.

Pemakaian Siladdu ini, lanjut dia, sesuai pasal 86 UU Desa bahwa Pemdda wajib memfasilitasi perangkat keras dan perangkat lunak untuk desa.

“Program ini kemitraan Dishubkominfo dengan Relawan TIK agar terciptanya pelayanan cepat terpadu, dan bisa dipertanggungjawabkan,” ungkap mahasiswa Unma jurusan teknologi informatika ini.

Sementara itu Kadishubkominfo Yusanto Wibowo melalui Kabid Kominfo Wawan Kurniawan mengatakan, Siladdu merupakan sistem informasi pelayanan desa dan data terpadu.

“Siladdu ini gabungan berbagai aplikasi yang dibuat oleh Pemkab yang bisa dimanfaatkan oleh desa,” jelasnya.

“Di dalamnya terdapat adminduk, informasi PBB, APBDes, ke depannya akan ditambahkan aplikasi yang saling terpadu antara pemerintah desa dengan pemerintah daerah,” pungkas dia. (Abduh)

1932 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*