Rumah Rusak Akibat Erosi, Sejumlah Warga Ligung Majalengka Mengungsi

Majalengkatrust.com – Sejumlah warga Desa Ampel, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka terpaksa mengosongkan rumahnya yang rusak terkena erosi Sungai Sindupraja.

“Erosi diduga akibat adanya pengerukan atau normalisi sungai yang dilakukan oleh pihak pelaksana dari PT. Brantas. Warga pun sudah melapor ke Polsek,” kata Kapolres Majalengka AKBP Mada Roostanto, melalui Kapolsek Ligung AKP Toto, Kamis (13/10).

Dengan adanya laporan tersebut, Kapolsek beserta anggotanya melakukan pengecekan ke lokasi rumah yang terkena erosi. Menurut dia, berdasarkan keterangan dari pemilik rumah yang rusak, Siti Komariah, menjelaskan bahwa kejadian tersebut terjadi pada Senin (08/10). Pada saat itu mulai terlihat retakan pada bagian dinding.

“Sehingga rumah-rumah tersebut dikosongkan oleh pemiliknya karena takut ambruk, dan kejadian tersebut sudah dilaporkan ke pihak pemerintahan Desa,” ungkap AKP Toto.

Ketiga rumah yang mengalami kerusakan akibat erosi, lanjut dia, yaitu Siti Komariah (29) Blok Danaraja RT 001 RW 002 Desa Ampel, Kec. Ligung Kab. Majalengka, mengalami rusak berat, retak pada seluruh bagian dinding ruangan. Pemiliknya untuk sementara mengungsi ke rumah mertuanya, di Desa Randegan, Kec. Jatitujuh, Kab. Majalengka.

Kemudian rumah milik H. Toto, (35), Blok Danaraja RT 001 RW 002 Desa Ampel Kec. Ligung, Kab. Majalengka mengalami rusak ringan, retak pada bagian dinding sebelah kanan. Dan rumah H. Opendi (55) Blok Danaraja RT 001 RW 002, Desa Ampel Kec. Ligung, Kab. Majalengka mengalami
rusak retak pada bagian dinding, lantai gudang amblas.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak pelaksana normalisasi Sungai dan dari BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Cimanuk-Cisanggarung di Cirebon, diharapkan cepat tertanggulangi,” pungkas dia. (Abduh)

1554 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*