Rupiah Ambruk Saat Hasil Panen Menurun, Buat Harga Buah di Majalengka Melambung

MAJALENGKA (CT) – Imbas melemahnya nilai tukar rupiah kepada dollar AS dan panen yang menurun membuat harga buah-buahan impor dan lokal di sejumlah pasar tradisional di Majalengka mengalami kenaikan.

“Harga Apel impor yang sebelumnya kita jual Rp. 45 ribu per kilogram, kini mencapai Rp. 55 ribu per kilogram,” kata Titin (42) pedagang buah di Pasar Talaga Majalengka, Kamis (27/08).

Tidak hanya buah impor, menurutnya buah lokal juga mengalami kenaikan seperti Mangga Harumanis dari Rp. 12 ribu per kilogram naik menjadi Rp. 16 ribu per kilogram dan Semangka dari Rp. 5 ribu per kilogram menjadi Rp. 7 ribu per kilogram.

“Kenaikan harga ini kata pemasok karena lemahnya rupiah terhadap dollar dan menurunnya hasil panen buah-buahan, saya sih kalau dari pemasok naik terpaksa menaikan harga biar tidak rugi,” ungkapnya.

Hal serupa dikatakan Mimin (36) pedagang buah di Pasar Ciborelang, yang mengatakan ada sejumlah kenaikan harga buah seperti Jeruk Medan dari Rp. 18 ribu per kilogram menjadi Rp. 26 ribu per kilogram, dan buah Pir dari Rp. 35 ribu per kilogram menjadi Rp. 40 ribu per kilogram.

“Saya sih berharap cepat turun lagi, kenaikan harga buah yang mencapai 20 persen membuat pembeli menurun,” ungkapnya. (Abduh)

2928 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*