Sanitasi Buruk, Warga Satu Kampung Terserang Wabah Disentri

MAJALENGKA (CT) – Puluhan warga atau hampir satu kampung di Blok Cinangka Desa Cengal Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka terkena wabah disentri,sehingga puluhan warga tersebut terpaksa dirawat di rumah sakit dan Puskesmas.

“Wabah disentri menyerang sejak awal puasa kemarin, saat ini puluhan warga dirawat di rumah sakit dan Puskesmas dan sebagian sudah pulang,” kata Taufik Ketua LPM Desa Cengal kepada CT, Rabu (29/06).

Korban yang masih dirawat di rumah sakit dan Puskesmas ungkap Taufik yaitu Yayat Sumiati (34), Suhaemi (43), Basar (80), Atmi (70), Ida (33), Jamil (50y, Yudi (25), dan Didin (40).

“Hari ini barusan dua orang pulang dari rumah sakit,” ungkapnya.

Penyebab wabah disentri ini menurut Taufik diduga dari air karena sumber mata air tidak steril MCK warga bercampur di sumber mata air.

“Dari tiga tahun lalu, sudah berganti tiga camat, sumber mata air warga dijanjikan untuk diperbaiki dan dirapihkan, namun sampai sekarang belum direalisasikan,” tandasnya.

Sementara itu Aan warga lainya berharap pemerintah segera turun tangan menangani wabah disentri di Desa Cengal sebelum menyebar ke warga lainnya. (Abduh)

2316 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*