Satlantas Polres Majalengka Tegaskan Pentingnya Pakai Helm saat Berkendara

Majalengkatrust.com – Masih banyak pemotor yang bandel atau cuek tak memakai helm di saat berkendara di jalan. Padahal helm itu, penting guna keselamatan pengendara.

Hal itu, seperti disampaikan anggota Kepolisian dari Unit Dikyasa Lantas Satlantas Polres Majalengka, saat kegiatan goes to school di SMPN 1 Kasokandel Majalengka, Jumat (29/09).

“Helm sangat penting bagi pengendara, karena kebanyakan yang ada menunjukkan kecelakaan dialami kendaraan sepeda motor dan kecelakaan pemotor yang memakan korban jiwa. Salah satu penyebab utamanya, karena pengendara tak memakai helm,” kata Kasat Lantas Polres Majalengka, AKP Iwan Setiawan, SH didampingi Kanit Dikyasa Lantas, Iptu H Y Rusyanto.

Menurut Kasat Lantas, kebanyakan masyarakat maupun pelajar enggan memakai helm karena alasan kurang penting dan mengganggu penampilan. Padahal helm memiliki sejumlah kegunaan yang utama, seperti melindungi kepala.

Bisa dibayangkan yang terjadi pada kepala seorang pemotor jika jatuh dari sepeda motor.

“Kepala merupakan organ vital manusia, jika kepala sampai terganggu atau bermasalah bisa jadi manusia tersebut akan mengalami kematian. Itu sebabnya berkendara haruslah mengenakan helm guna melindungi kepala,” imbau Kasat Lantas kepada 801 pelajar dan para guru SMPN 1 Kasokandel Majalengka.

Selain itu, helm dengan kaca pelindungnya juga melindungi mata. Berkendara sepeda motor tanpa helm mata akan terkena silau dan juga debu. hal ini tentu membahayakan bagi para pengendara karena dapat menyebabkan kecelakaan.

“Kami berharap kepada pengguna jalan raya terutama pengendara sepeda motor, baik pelajar maupun masyarakat umum agar selalu berhati-hati dan menggunakan atribut lengkap di saat bepergian. Kita harus mengikuti aturan yang ditetapkan,” pungkas dia, (Abduh)

792 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*