Sebanyak 118 Koperasi di Majalengka Akan Dibubarkan

MAJALENGKA (CT) – Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi UKM Perindag Kabupaten Majalengka, H Deden Subagio mengatakan dari 670 Koperasi di Majalengka sebanyak 118 Koperasi akan dibubarkan dengan alasan sudah tidak aktif.

“Dua tahun berturut-turut tidak RAT dan tidak melaksanakan kegiatan wajib dibubarkan,” kata Deden saat melakukan pembinaan Koperasi Wartawan Majalengka Sejahtera (Kopmas) di Kantor PWI Majalengka jalan Gerakan Koperasi nomor 03, Senin (27/06).

Deden mengungkapkan dari 670 koperasiyang berjalan hanya 200 koperasi. “Dulu karena program dari atas dipaksakan sebenarnya tidak tahu koperasi yang tahun-tahun sebelumnya dibentuk banyak muatan politisnya,” kata Deden.

“Rapat anggota tidak bisa diwakilkan, koperasi itu kumpulan orang per orang bukan kelompok, bukan persekutuan kelompok,” jelas Deden.

Secara nasional menurut Deden ada 6245 koperasi akan dibubarkan karena sesuai dengan nawacita Pa Jokowi, koperasi yang penting kualitas bukan kuantitas.

“Dasar Hukumnya yang paling tinggi adalah UUD 1945, saling tolong menolong dan ada nilai ekonominya,” jelas Deden.

Sejauh ini, lanjut Deden, peran pemerintah dalam koperasi yaitu penumbuhan, pengembangan dan apabila ada penyelewengan kembali ke rapat anggota, tidak bisa dikenakan sanksi.

Sementara itu Ketua Koperasi Kopmas Drs. Sabungan Simatupang mengatakan dibentuknya Koperasi PWI bertujuan untuk lebih mensejahterakan anggotanya.

“Kami ucapkan terima kasih ke Dinas Koperasi atas pembinaannya, semoga Koperasi ini bisa sukses,” tukasnya. (Abduh)

1938 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*