Sebulan Jelang Idul Adha, Permintaan Kambing Meningkat

Majalengkatrust.com – Sekitar satu bulan menjelang hari raya Idul Adha permintaan kambing atau domba untuk ibadah kurban ke peternak kambing di Kabupaten Majalengka mengalami peningkataan permintaan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, harga hewan kurban tahun ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun lalu.

“Kalau harga naik karena memang biasanya. Karena permintaan tinggi untuk kurban Idul Adha,” kata Ade Jiji, peternak kambing di Desa Girimulya Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka, Rabu (12/07).

Untuk kambing atau domba ukuran kecil, lanjutnya, biasanya dihargai Rp1,5 juta-Rp2,5 juta. Kini harganya rata-rata naik. Sementara kambing berukuran sedang sampai besar dihargai seharga Rp3 juta hingga Rp5 juta per ekor.

“Kalau ukuran besar bisa Rp4 juta sampai Rp5 juta per ekor tergantung ukuran besar dan kondisi domba. Mendekati lebaran Haji (Idul Adha, red), akan semakin mahal harganya,” jelasnya.

Hal senada dikatakan pedagang kambing di Pasar Hewan Maja, Agus (42) mengatakan, momen Lebaran Kurban merupakan momen yang paling ditunggu para pedagang kambing.

“Ada kenaikan harga kambing kecil maupun yang besar,” katanya.

Iwan mengungkapkan bahwa harga kambing yang dijual oleh dirinya rata-rata agak murah dibanding pedagang lainnya, soalnya dirinya berternak kambing sendiri di rumahnya dan tidak membeli dari peternak lain.

“Kalau kambing yang saya ternakan sendiri memang lebih murah, tapi kalau permintaan banyak terutama jelang Idul Adha, terkadang saya juga membawa Kambing titipan peternak lain,” ujarnya.

Menurutnya kalau membawa Kambing titipan peternak lain, dirinya sulit menurunkan harga apabila ditawar karena peternak yang menitipkan kambingnya untuk dijual di pasar sudah mematok harga.

“Beda kalau kambing punya saya sendiri, masih bisa ditawar lagi dan masih bisa turun harganya,” ungkapnya.

Saat ini menurutnya sudah banyak pelanggan yang memesan kambing kepada dirinya untuk dipotong saat Lebaran Idul Adha.

“Biasanya 1 bulan bahkan ada yang 2 bulan sebelum Lebaran, sudah banyak yang pesan dan dititipkan di kandang saya, hal ini lebih murah dibandingkan mendadak membeli menjelang hari-H Idul Adha, karena kalau memesan jauh-jauh hari harga belum naik,” jelasnya. (Abduh)

1299 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*