Secara Serentak Kaum Ibu di Majalengka Periksa Leher Rahim

MAJALENGKA (CT) – Ribuan ibu-ibu di Kabupaten Majalengka lakukan pemeriksaan leher rahim IVA dan papsmier di 26 Puskesmas yang tersebar di Kabupaten Majalengka, untuk mendeteksi secara dini kemungkinan terjangkit penyakit kanker rahim, Jumat (29/07).

Pemeriksaan kanker leher rahim dan papsmier dilakukan atas kerjasama BPJS, Dinas Kesehatan dan Badan Keluarga Berencana Nasional.

Menurut keterangan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka Gandana Purwana, ditemui di Puskesmas Sukahaji saat memberikan pelayanan terhadap 250 orang ibu-ibu, pemeriksaan kanker rahim leher dilakukan secara serempak oleh seluruh tenaga dokter dibantu bidan yang ada di seluruh Puskesmas.

“Seringnya kegiatan pemeriksaan kanker leher rahim bagi ibu-ibu rumah tangga ini  dilakukan terkait tingginya angka penderita kanker, berdasarkan hasil pemeriksaan beberapa bulan lalu, dari 100 orang yang diperiksa sebanyak 10 orang diantaranya diindikasikan menderita kanker leher rahim,” ungkap Gandana.

Sementara itu Kepala BPJS Kabuaten Majalengka Dian Arnas disertai Kepala Bidang Pelayanan Kuslan Firmansyah mengatakan, penyakit kanker leher rahim dinyatakan penyakit kedua tertinggi untuk kategori jenis kanker.

Penyakit ini  sangat rentan terhadap kematian, karena proses perkembangan sel kanker sangat cepat. Untuk hal tersebut ibu-ibu disarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan agar penyakit bisa dicegah secara dini. Bila penyakit sudah sudah didiagnosa di stadium dua atau tuga maka sulit disembuhkan. (Abduh)

1008 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*