Sekitar 7 Hektare Hutan Pinus Gunung Ciremai Terbakar

MAJALENGKA (CT) – Kebakaran hutan di area Gunung Ciremai yang masuk wilayah kabupaten Majalengka, kembali terjadi. kali ini, menimpa hutan pinus di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).

Menurut keterangan Kapolres Majalengka, AKBP Yudhi Sulistianto Wahid SIK melalui Kapolsek Rajagaluh, Iptu Mulyono didampingi Subbag Humas, Bripka Riyana kebakaran hutan di gunung Ciremai terjadi di TK blok Batu atau Badak Dua Yonclok Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka.

“Areal yang terbakar diperkirakan 7 Hektare, Kami berusaha memadamkan api bersama petugas TNGC, Satpol PP dan masyarakat agar tidak meluas, penyebabnya diduga dari daun kering yang terbakar,” ujar Kapolsek kepada CT, Minggu (18/10).

Sebelumnya Kepala Seksi Perlindungan Taman Nasional Wilayah II Majalengka BTNGC Adi Sularso mengatakan bahwa daerah TNGC termasuk hutan lindung yang rawan kebakaran baik yang disengaja maupun human error.

“Selain itu faktor sering terjadinya kebakaran hutan di TNGC adalah kelalaian manusia dan rembetan kebakaran dari wilayah Kuningan yang terbawa oleh angin,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sularso menghimbau yang paling penting kesadaran warga yang lahan garapannya berbatasan dengan hutan TNGC agar kalau melakukan pembakaran di lahan garapannya lebih berhati-hati. (Abduh)

3546 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*