Situ Cibaringkeng, Surga Bagi Pecinta Motor Trail

MAJALENGKA (CT) – Selain menjadi tempat rekreasi keluarga yang murah meriah, Situ Cibaringkeng yang berada di Desa Leuwikujang Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka, juga biasa digunakan oleh para pecinta motor trail untuk menerabas alam liar.

Jalurnya yang cukup sulit hampir sama dengan jalur pegunungan dan bebukitan lainnya, hanya saja tetap menjadi pilihan warga terutama yang punya motor trail. Mereka memanfaatkan lokasi terdekat untuk menikmati alam sambil tetap berolahraga yang memacu adrenalin.

Warga lain di luar Leuwimunding sesekali ada yang menerabas ke jalur Cibaringkeung untuk melingkari dan mengelilingi bukit yang tembus ke desa Mirat. Jalurnya cukup berbatu, sehingga tidak disarankan bagi motor biasa yang bukan trail. Apalagi motor jenis metik yang tak bergigi, jika memaksakan dengan motor metik seperti itu, maka kemungkinan akan banyak spare part yang harus diganti.

Salah seorang pecinta trail yang selalu menyempatkan diri sebulan sekali atau dua pekan sekali untuk turun menerebas, Rusmana (31) mengatakan jalur Cibaringkeng cukup asyik untuk dilewati, tidak terlalu terjal, akan tetapi cukup sulit bagi yang belum terbiasa.

“Jalur Cibarengkeng memang bukan yang Favorit, akan tetapi cukup menarik untuk dicoba. Beda lah, semua tempat punya keunggulan tersendiri dan nuansa alam yang berbeda, karena adrenalin kita yang menentukannya,” ujarnya, Minggu (17/01).

Rusmana mengatakan jalur trail Cibaringkeung ini terkadang sering dijadikan even untuk ajang momen tertentu, tetapi di luar itu bagi orang yang suka tantangan dengan cara menerabas alam, wisata trail cukup menantang di jalur Cibaringkeng.

“Biasanya kalau hari Minggu ramai, dan selalu ada saja sekelompok orang dengan baju kaos dengan warna-warna cemerlang, dan motor yang bising, itu mereka yang membawa motor trail, dan biasanya habis nanjak ke jalur atas,” jelasnya.

Hal senada diungkapkan Ebod (32) pengendara motor trail lainnya, ia mengaku senang dengan tantangan dan melaju dengan motor rakitannya untuk mengitari alam pegunungan yang berbukit-bukit, dan salah satunya adalah jalur bukit Cibaringkeng.

“Jalur sawah atau kebun yang datar tak ada tantangannya, itu mah hanya bagi pemula, tapi bagi yang sudah melewati tahap pemula, biasanya akan mencari tempat lain yang lebih menantang, Cibaringkeng adalah satunya,” ungkapnya. (Abduh)

5910 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*