Stabilkan Harga Jelang Puasa dan Lebaran, Polres Majalengka Gandeng PWI Gelar Bazar

Majalengkatrust.com – Guna menjaga stabilitas harga pangan mendekati Bulan Suci Ramadan 1438 H dan Lebaran 2017, Polres Majalengka menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) guna menggelar bazar selama satu bulan, bertempat di sekretariat PWI Majalengka.

Program ini merupakan bagian dari Satuan Tugas (Satgas) Pangan yang dibentuk Mabes Polri.

Kapolres Majalengka Ajun Komisaris Besar Polisi Mada Roostanto melalui Kapolsek Majalengka Kota, Ajun Komisaris Polisi M. Suparman menjelaskan, kegiatan bazar ini bertujuan untuk menstabilkan harga dan memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan bahan makanan, minuman, sembako, dan barang lainnya dengan harga terjangkau.

“Biasanya jelang Ramadan dan Lebaran, tren permintaan terhadap barang kebutuhan pokok meningkat tajam, akibatnya harga mengalami lonjakan berkali-kali lipat. Nah, dalam mengantisipasi itu kami menggelar bazar guna menjaga ketahanan pangan,” katanya saat berkunjung ke PWI Majalengka didampingi para anggotanya, Senin (22/05).

Dijelaskan dia, program bazar ini berlokasi di tiga tempat yakni Mapolres Majalengka, kantor PWI di Jalan Gerakan Koperasi Nomor 7, dan kampus Universitas Majalengka (Unma).

“Harapan dari program ini ketersediaan sembako aman, sedangkan persoalan rantai distribusi terkait maraknya spekulan, penimbun, kartel, dapat diatasi,” ucapnya.

Masih dijelaskan dia, pihak kepolisian juga saat ini terus melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap harga pangan di pasaran.

“Jika ditemukan kami akan melakukan penegakan hukum terhadap kartel dan mafia sesuai dengan hukum yang berlaku,” katanya.

Dia menambahkan, kegiatan ini merupakan perintah Presiden RI terhadap Polri agar harga jelang Ramadan dan Lebaran bisa tetap stabil, dan tidak mengalami kenaikan harga seperti biasanya. Guna mencegah itu, Mabes Polri membentuk Satgas pengamanan bahan pangan.

“Satgas tugasnya menjamin, keamanan jalur distribusi bahan pangan dan menindak tegas para penimbun pahan pangan jelang bulan-bulan Ramadan ini,” katanya.

Ketua PWI Kabupaten Majalengka Jejep Falahul Alam menyambut baik program Polres Majalengka, dalam rangka menjaga ketahanan pangan dan meredam lonjakan harga jelang puasa dan Lebaran. Menurut alumni IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini, ketersediaan pangan merupakan hal penting dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, khususnya makanan sebagai kebutuhan dasar manusia.

Apalagi, lanjut Jejep, melihat perkembangan masyarakat yang kian meningkat, kebutuhan akan ketersediaan pangan yang cukup, aman, dan berkualitas semakin menjadi tuntutan. Oleh karena itu, peningkatan ketahanan pangan harus dilakukan secara terus menerus dan melibatkan semua pihak.

“Selain program yang dijalankan pemerintah saat ini, ketahanan pangan akan terkendali secara maksimal, itu dengan mengikutsertaan masyarakat dalam penyelenggaraan ketahanan pangan. Seperti menjalankan program masyarakat berkebun, baik itu kangkung, bayam, padi dan masih banyak jenis lainnya, yang dapat dimanfaatkan untuk konsumsi sehari-hari maupun untuk dirupiahkan,” tuturnya. (Abduh)

1350 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*