Sumur Mulai Kering, Warga Sumberjaya Kesulitan Air

MAJALENGKA (CT) – Sumur-sumur penduduk Desa Cidenok Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka tahun-tahun sebelumnya jarang yanng mengalami kekeringan namun dimusim kemarau tahun 2015 ini sumur penduduk sebagian besar mengalami kekeringan.

Menurut salah satu warga Sumada (46) musim kemarau yang saat ini dialami masyarakat Desa Cidenok sangat menyusahkan karena selain tanaman padi yang mengalami kekeringan namun juga dapat mengeringkan sumur.

“Sumur penduduk sekarang mulai kering kerontang mungkin karena para petani sering menyedot air tanah melalui sumur pantek yang berada di sawah-sawah untuk mengairi sawahnya siang dan malam,” katanya Selasa (04/08).

Ia juga mengatakan selain mungkin akibat tersedot sumur pantek juga karena wilayah desa Cidenok terdapat sumur migas Pertamina karena Pertamina akhir-akhir ini sangat sering melakukan pengeboran di sumur-sumur migasnya. Warga lain juga membenarkan bahwa kemarau panjang saat ini sangat merepotkan warga.

“Air untuk kebutuhan rumah tangga saja susah apalagi untuk mengairi sawah, jadi saat ini seakan berebut air untuk kebutuhan sawah dan rumah tangga sekarang saya mulai jarang mandi tapi untuk minum dan masak terbantu dengan air galon isi ulang,” ungkapnya.

sementara itu Hasan tokoh pemuda setempat mengatakan untuk bulan Agustus biasanya desa Cidenok jadi tuan rumah perkemahan jamran tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten.

“Tanggal 13 sampai tanggal 15 rencananya perkemahan jamran juga peringatan hari pramuka tingkat kabupaten berlokasi di buper Jatilawang namun saat ini kebutuhan air untuk kegiatan tersebut mulai terganggu karena sumur sumur warga dan pantek mulai menyusut bahkan keringn”katanya.

Ia mengatakan pihaknya siap untuk membantu semaksimal mungkin agar acara perkemahan berjalan lancar, pihaknya berharap kepada Bupati Majalengka agar memperhatikan kebutuhan sumur bor dan mesin pompa untuk membantu mengatasi kekeringan.

“Insya Allah pak Bupati hadir di acara hari pramuka di Jatilawang mudah mudahan dapat melihat langsung keadaan masyarakat cidenok dan keadaan Cidenok yang sangat gersang,”pintanya.

Warga lain Suja yg kesehariannya sebagai penjaga sekolah SMPN 4 Sumberjaya mengatakan saat ini sumur yang berada di sekolah kering jadi saat ini untuk kebutuhan guru dan siswa juga tidak ada. (Abduh)

1788 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*