Surga Tersembunyi, Sabana di Majalengka Jadi Destinasi Favorit

Majalengkatrust.com – Potensi keindahan alam Kabupaten Majalengka khususnya di wilayah Selatan belum tergali secara maksimal. Padahal wilayah Selatan Majalengka yang merupakan dataran tinggi banyak mempunyai destinasi wisata yang indah.

Selain Kebun Teh Cipasung, Situ Sangiang, Taman Dinosaurus, kini ditemukan Padang Sabana (padang rumput) seluas 100 hektare di Bukit Caruy, Desa Sukadana, Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka.

“Sekarang Padang sabana ini ramai dikunjungi, ada yang camping, tempat hunting para fotografer mengabadikan sunset dan sunrise, selain menjadi padang gembala kerbau, juga dijadikan arena olahraga otomotif offroad roda dua dan roda empat,” kata Sekdes Desa Sukadana, Ahmad Darul, Minggu (10/09).

Ahmad Darul mengungkapkan kondisi padang sabana di Bukit Caruy masih sangat alami, dengan hanya ditanami oleh rumput ilalang di sekitarnya dan menjadi tempat penggembalaan kerbau, sapi, kambing dan belum terkontaminasi polusi udara, dengan ketinggian sekitar 1.500 mdpl.

Dikatakan dia, lokasinya berbatasan langsung dengan Desa Bangbayang, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka. Sementara Desa Sukadana sendiri belum mempunyai akses jalan langsung ke padang sabana tersebut.

“Hanya satu akses jalan menuju Padang Sabana tersebut, yaitu melalui jalan Blok Cimindi, Desa Bangbayang, Kecamatan Lemahsugih,” ungkap dia.

Pihaknya saat ini sedang merancang untuk mengembangkan kawasan tersebut untuk menjadi destinasi wisata, karena sudah banyak pengunjung yang datang untuk camping atau swafoto saat sunset dan sunrise, dengan pengelolaan yang lebih profesional.

Salah seorang pengunjung, H. Budi Victoriadi, mengatakan bahwa padang sabana Bukit Caruy sangat potensial untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata alternatif di kawasan Selatan Majalengka, mengingat keindahan alam dan juga lokasinya yang strategis.

“Untuk selfie sangat recomended, bahkan tantangan menarik buat para fotografer untuk hunting di kawasan tersebut, seharusnya ada Investor yang tertarik mengembangkan kawasan ini,” kata H. Budi yang juga ketua Komunitas Moto Majalengka, dan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Majalengka ini. (Abduh)

4974 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. [VIDEO] Hanguskan Sejumlah Toko, Ini Detik-detik Kebakaran di Jl. Pekiringan – Portal Berita Cirebon10/09/2017 at 14:00Reply

    […] BERITA SEBELUMNYASurga Tersembunyi, Sabana di Majalengka Jadi Destinasi Favorit […]

Leave a Reply

*