Syukuran Hasil Panen, Ribuan Warga Sukamulya Gelar Sedekah Bumi

MAJALENGKA (CT) – Ribuan petani warga Desa Sukamulya, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka yang lokasinya dianggap bertetangga dengan areal BIJB, menggelar guar bumi atau sedekah bumi, Rabu (21/10).

“Sebanyak 1000 orang petani mengikuti guar bumi atau sedekah bumi, yaitu doa bersama mulainya bercocok tanam supaya hasilnya memuaskan,” kata Kepala Desa Sukamulnya, Nono Darsono kepada CT, Rabu (21/10).

Pria yang akrab disapa Kang Bona ini mengatakan guar bumi digelar rutin setahun sekali, tepatnya menjelang awal menanam padi sebelum datang musim hujan.

Kang Bona mengatakan dalam guar bumi ini sesuai adat istiadat disajikan tumpeng dan panggang ayam kampung.

“Namun intinya tetap berdoa dipimpin oleh tokoh agama karena tujuannya juga berdoa bersama agar tanaman tumbuh subur dan hasil memuaskan,” ujar Kang Bona.

Budayawan Majalengka Erry Sukmana mengatakan ritual adat seperti guar bumi atau sedekah bumi bisa menjadi aset wisata yang layak dijual ke wisatawan terutama wisatawan asing.

“Ritual adat seperti ini sangat menarik bagi wisatawan asing, tinggal bagaimana kita mempromosikannya, sayang sekali Majalengka yang punya banyak aset wisata yang potensial kalau tidak bisa menjualnya,” ungkap Erry yang juga ketua Komunitas Iket Sunda ini. (Abduh)

1389 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*