Tanah Longsor Terjang Satu Rumah hingga Rusak Parah, Puluhan Warga Mengungsi

Majalengkatrust.com – Intensitas hujan yang tinggi kembali menyebabkan bencana longsor di blok Kubangsari RT 01 RW 06 Desa Gununglarang, Kecamatan Bantarujeg, Kabupaten Majalengka.

Akibat longsor tersebut, satu rumah warga rusak berat terhantam Bak penampungan air yang roboh.

“Longsor karena hujan yang sangat deras, sehingga mengakibatkan tidak mampu menampung debit air, akhirnya mengakibatkan longsor menimpa rumah warga,” kata Anggota Tagana, Isra Haikal, Selasa (10/01).

Dikatakan dia, longsor tersebut menimpa rumah Sahri (50) hingga rusak berat dan kerugian diperkirakan mencapai Rp200 juta.

“Beruntung tidak ada korban jiwa, penanganan sementara oleh penduduk. Puluhan Masyarakat di sekitar masjid diungsikan ke blok atas, yang lebih aman, khawatir terjadi longsor susulan,” jelasnya.

Menyusul musibah tersebut, Forecaster BMKG Jatiwangi Ahmad Faa Izyin, mengimbau agar masyarakat mewaspadai tingginya intensitas hujan di bulan Januari-Februari, yang berpotensi bencana longsor, banjir dan pergerakan tanah di wilayah Majalengka Selatan.

“Cuaca pagi hari umumnya berawan dan potensi hujan terjadi di siang dan sore hari,” ujarnya.

“Angin bertiup dari arah Barat Laut dengan kecepatan 05-25 km/jam.
Waspadai adanya kondisi Hujan Lebat disertai petir dan Angin kencang dengan durasi singkat yang bersifat lokal, terutama untuk masyarakat di wilayah Majalengka bagian selatan,” tambahnya. (Abduh)

1443 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*