TB Hasanudin Dorong Bagus Rangin Menjadi Pahlawan Nasional Ciayumajakuning

MAJALENGKA (CT) – Wakil Ketua Komisi I DPR RI Mayjen (Purn), Dr. TB. Hasanudin SE, MM menggagas dan mendorong Bagus Rangin agar menjadi pahlawan nasional, karena perjuangannya memimpin 40 ribu lebih rakyat Ciayumajakuning melawan penjajah Belanda tidak kalah hebat dibandingkan Pangeran Diponegoro.

“Perjuangan Bagus Rangin murni karena Belanda memajak rakyat Indonesia di Ciayumajakuning dan tanah disewakan ke China beda dengan Pangeran Diponegoro yang awalnya karena makam leluhurnya dijarah Belanda,” ujar TB Hasanudin di sela-sela Seminar Nasional Pengusulan Bagus Rangi menjadi Pahlawan Nasional di aula gedung SKB Majalengka, Sabtu (05/09).

Ia mengatakan sejak tahun 2003 merintis pengusulan Bagus Rangin menjadi Pahlawan Nasional namun kekurangan data baru saat ini setelah bertemu Guru Besar Ilmu Sejarah Unpad Dr. Nina Lubis dan ternyata datanya lengkap akhirnya diajukan ke Kementerian Sosial.

“Seminar ini murni seminar nasional pengusulan Bagus Rangin menjadi Pahlawan Nasional bukan seminar partai, bukan seminar Majalengka, Talaga, Cirebon, Indramayu namun kita mengundang para ahli sejarah dan tokoh masyarakat untuk mengkaji sosok Bagus Rangin ini yang ternyata layak menjadi pahlawan nasional,” ungkap ketua DPD PDIP Jawa Barat ini.

Mantan Sekretaris Militer era Presiden Megawati ini mengatakan nanti pihaknya akan membentuk tim yang akan mengkaji secara ilmiah melakukan riset tentang Bagus Rangin yang akan diajukan menjadi pahlawan nasional melalui rekomendasi Gubernur Jawa Barat ke Kementerian Sosial.

“Kita harus dukung Bagus Rangin menjadi Pahlawan Nasional dari Ciayumajakuning ini, dengan dukungan rakyat mudah-mudahan bisa secepatnya ditetapkan menjadi pahlawan nasional,” ungkapnya.

Ketua Forum BPD Kabupaten Majalengka H. Abdul Gani mengatakan pihaknya sangat mendukung pengusulan Bagus Rangin menjadi Pahlawan Nasional.

“Selama ini di masyarakat Majalengka sudah menjadi cerita turun temurun dari Abad 18 tentang kepahlawanan dan perjuangan Bagus Rangin, tentu kami mendukung apabila mendapatkan legalitas formal,” ungkapnya. (Abduh)

2214 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*