Tertarik Pengembangan Bawang Merah dan Gedong Gincu, Gubernur Gorontalo Kunjungi Majalengka

Majalengkatrust.com – Gubernur Gorontalo Drs. H. Rusli Habibi bersama rombongan mengunjungi Kabupaten Majalengka, dan mempelajari pertanian bawang merah sistem terasering dan pengembangan perkebunan mangga gedong gincu.

Rombongan Gubernur Gorontalo diterima oleh Bupati Majalengka H. Sutrisno di Pendopo Kabupaten Majalengka, Jalan Ahmad Yani nomor 01 dan kemudian didampingi Bupati Sutrisno mengunjungi perkebunan Mangga Gedong Gincu di Desa Sidamukti dan Objek wisata Paralayang di Gunung Panten, Kamis (06/07).

“Kami mengetahui ada genteng Jatiwangi, batu andesit dan perkebunan mangga gedong gincu serta pertanian bawang sistem terasering serta mengetahui para Petinggi Jabar dulu banyak dari Majalengka, mulai wedana sampai Gubernur,” ujar Gubernur Rusli Habibi.

“Dari Talaga ke kiri ada Waduk Darma yang lewat wilayah Majalengka dulu, saya juga banyak teman di Majalengka,” ungkapnya.

Rusli Habibi mengungkapkan dirinya kagum dengan pengembangan bawang merah dengan sistem terasering, yang sangat menjaga lingkungan di daerah Argapura Kabupaten Majalengka.

“Kami ingin mengembangkan bawang merah dan mangga gedong gincu dan akan mengirim petani belajar ke Majalengka, untuk belajar membuat terasering dan perkebunan mangga,” ungkap dia.

Sementara Bupati Kabupaten Pohuato Provinsi Gorontalo Syarif Mbuinga mengungkapkan, sepertiga Provinsi Gorontalo luasnya ada di Kabupaten Pohuato dan populasi kedua setelah suku Gorontalo itu suku Jawa dan ada dari Majalengka Jawa Barat.

“Kunjungan ini diharapkan menjalin kerjasama antar daerah, sehingga apa yang baik di Majalengka bisa dipelajari saling bertukar,” tukas dia.

Bupati Majalengka H. Sutrisno mengatakan Majalengka sudah berkembang dari awal dirinya memimpin tahun 2008 dengan APBD sekitar 1 Triliun, sekarang sudah meningkat menjadi 3 Triliun dengan PAD di atas Rp400 miliar.

“Majalengka juga punya kondisi geografis yang unik, wilayah utara dataran rendah yang subur dan wilayah selatan dataran tinggi pegununungan yang selain subur juga sangat indah kekayaan alamnya,
Di Gunung Ciremai di musim kemarau tempat burung -burung dari Jepang transit dan alamnya sangat indah”ungkap Sutrisno.

“Insya Allah pa Wabup Karna Sobahi akan maju dalam Pilkada tahun depan dan dipercaya rakyat,”harap Sutrisno.

Sutrisno mengungkapkan setelah selesai jadi Bupati akan maju jadi Jabar 1 dengan baligo bertuliskan “Mutiara dari Timur”yang disebar di seluruh wilayah Jawa Barat.

“Mutiara dari Timur untuk Jabar 1 dilatarbelakangi peradaban Jawa Barat itu menguasai, tapi data statistik yang tertinggal di wilayah 3 Cirebon. Daripada jadi Provinsi Cirebon mending putra dari wilayah timur saja yang jadi Gubernur Jabar,” tegas Sutrisno.

Sutrisno mengatakan, Mangga Gedong Gincu itu yang punya hak paten Majalengka dan pohon yang pertama masih ada di Pendopo serta mempersilahkan Provinsi Gorontalo untuk belajar pertanian bawang merah dan mangga gedong gincu di Majalengka. (Abduh)

2493 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*