Tiga Tahun Berturut-Turut, Majalengka Meraih Opini WTP

MAJALENGKA (CT) – Prestasi yang cukup membanggakan buat Kabupaten Majalengka yang berhasil menyabet penghargaan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan hasil pemeriksaan terhadap laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun anggaran 2015.

majalengka2

“Ini berarti menyabet hatrick opini WTP karena berhasil didapatkan Majalengka tiga tahun berturut-turut,”kata Bupati Majalengka H. Sutrisno, Rabu (08/06).

Dengan demikian menurut dia, prestasi yang diraih tersebut, menyamai capaian yang didapat oleh sejumlah pemerintah daerah lainya yang pernah menyicipi tiga kali beruntun mendapatkan opini WTP. Karena tidak banyak pemerintah daerah yang Kepala Daerah dan jajarannya berprestasi mendapatkan capaian setinggi ini.

“Opini WTP yang diraih kabupaten Majalengka merupakan sebuah bentuk prestasi yang diraih dari hasil kerja keras seluruh jajaran pemerintah daerah. Sehingga patut untuk mempertahankan prestasi tersebut, karena untuk meraih opini WTP itu bukanlah pekerjaan yang mudah.

Sementara itu Inspektur (Kepala Inspektorat) Kabupaten Majalengka H Lalan Soeherlan menyebutkan, opini WTP ini merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) kepada Pemerintah Kabupaten Majalengka.

Dengan diraihnya opini WTP tahun ini berarti Kabupaten Majalengka telah berhasil menciptakan hattrick meraih opini WTP ketiga kali berturut-turut setelah sejak tahun 2014. Prestasi yang ditoreh ini merupakan kado ulang tahun bagi Majalengka yg pada tanggal 7 Juni 2016 memperingati ulang tahun ke 526.

majalengka

“Walaupun tahun 2015 merupakan masa-masa sulit meraih opini WTP karena masa transisi dari sistem akuntansi cash basic ke accrual basic, namun Alhamdulillah Pemkab Majalengka mampu mempertahankan opini tersebut, berkat komitmen kuat Pak Bupati, dan kerjasama yang baik dari semua pihak yang tutur menyukseskan ini,” kata Lalan.

Kepala Dinas Pengelolaan keuangan dan Aset daerah (DPKAD) Kabupaten Majalengka Edy Noor Sudjatmiko menambahkan, capaian besar yang berhasil diraih Pemkab Majalengka dalam menggondol opini WTP tiga kali beruntun ini, merupakan buah kerja keras bersama semua OPD yang sudah bekerja dengan baik dalam mengelola anggaran dan melaporkan penggunaanya.

Oleh sebabnya, Edy Noor merasa jika semua pihak di OPD Majalengka patut berbangga atas capaian ini. Serta langkah yang sudah baik saat ini, harus bisa terus dipertahankan kedepanya oleh semua rekan-rekan di OPD dalam hal pengelolaan anggaran. Agar tidak hanya mengejar mendapatkan opini WTP saja, tapi menjalankan pengelolaan anggaran yang sesuai dengan aturan.

Penyerahan opini WTP ini, diberikan langsung oleh Kepala BPK-RI perwakilan Provinsi Jawa Barat Arman Syifa kepada Bupati H Sutrisno SE MSi dan Ketua DPRD Tarsono D Mardiana, didampingi oleh Sekretaris Daerah Drs H Ahmad Sodikin MM, Inspektur Dr H Lalan Soeherlan S MSi, dan Kepala DPKAD Drs Edy Noor Sudjatmiko MSi.

Tahun ini, di wilayah III Cirebon hanya Kabupaten Majalengka yang berhasil meraih opini WTP. Sedangkan di Jawa Barat, opini WTP juga diberikan kepada Kota Banjar, Kota Cimahi, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Tasimalaya, Kabupaten Bogor, Kabupaten Garut, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta. (Abduh)

1647 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*