Tingkatkan Fungsi dan Potensi Bumdes, BPMDPKB Kab. Majalengka Bentuk Forum Bumdes

Majalengkatrust.com –  Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Perempuan dan KB (BPMDPKB) Kabupaten Majalengka, Drs. H Eman Suherman, MM mengajak forum Bumdes berinteraksi tentang Masalah dan potensi Bumdes di masing masing kecamatan dan desanya.

“Permasalahan dan kendala Bumdes yang terjadi di Majalengka itu memang bervariasi, oleh karenanya melalui kebersamaan Forum Bumdes diharapkan bisa memfasilitasi kepentingan Bumdes, memotivasi berkembangnya Bumdes, mengapresiasi potensi Bumdes serta bisa menjadi solusi dari kendala Bumdes-Bumdes yang sekarang maju tidak mundur tidak,” ungkap H. Eman, Jumat (04/11) seusai pembentukan Forum Bumdes Kabupaten Majalengka di aula BPMDPKB.

Menurut dia, Bumdes diharapkan tidak menjadi prédator yang mengambil hak warga desa, tapi Bumdes harus menjadi wahana yang bisa dan mampu mengembangkan perekonomian desa, dan Bumdes juga harus bisa menggali potensi désa untuk dikembangkan.

“Bumdes dimaksudkan juga untuk menangkap peluang usaha, yang anggaran dananya bisa dialokasikan ke desa. Maka saatnya para Ketua BUMDes menjadi dan menggali jiwa enterpreneur pada dirinya, agar bisa memanfaatkan peluang dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya.

H. Eman Suherman juga berpesan pada calon pengurus Forum Bumdes yang hadir, karena yang diundang adalah para pionir-pionir Bumdes dari masing-masing kecamatan, karena itu sudah saatnya para pengurus Bumdes bisa mencari inovasi lainnya, baik dari pemanfaatan lahan desa maupun industri yang ada di desa.

Dalam acara tersebut, dihadiri oleh hampir 48 Ketua/ Pengurus Bumdes dari 23 Kecamatan dan dilakukan pengukuhan kepengurusan Forum BUMDes Tingkat Kabupaten Majalengka.

Dalam acara tersebut, dihadiri oleh hampir 48 Ketua/ Pengurus Bumdes dari 23 Kecamatan dan dilakukan pengukuhan kepengurusan Forum BUMDes Tingkat Kabupaten Majalengka.

Kepengurusan Forum BUMDes Kabupaten Majalengka yang terbentuk, yakni Ketua Eman Soeherman dari BUMDes Desa Banjaran, Wakil Ketua Asep dari BUMDes Desa Cikoneng Sukahaji, Sekretaris, Ahi Dari BUMDes Desa Cimanggu hilir Bantarujeg, Wakil Sekretaris Entin Wastini dari BUMDes Desa Pasirmuncang, Bendahara Eti Rohaeti Dari BUMDes Desa Jatiwangi. (Abduh)

2178 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*