Tingkatkan Pelayanan Publik, Kabupaten Majalengka Bentuk Unit Saber Pungli

Majalengkatrust.com – Bupati Majalengka secara resmi melantik dan mengukuhkan Unit Satuan Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Majalengka di Gedung Yudha Karya Abdi Negara, Selasa (27/12).

Bupati Sutrisno mengatakan bahwa pemerintah daerah Kabupaten Majalengka sangat mendukung terbentuknya Unit Satuan Tugas Sapu Bersih pungutan liar di Kabupaten Majalengka.

“Semoga dengan telah dibentuknya unit satuan tugas sapu bersih pungutan liar ini, sebagai jawaban alternatif untuk mencegah berkembangnya pungutan liar di berbagai sektor organisasi perangkat daerah dan institusi lainnya, yang melakukan pelayanan publik sebagaimana undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik,” kata Bupati Sutrisno.

Menurut dia, pemberantasan pungutan liar merupakan salah satu program prioritas dari 8 (delapan) bentuk reformasi birokrasi, dan bentuk dukungan terhadap 9 (Sembilan) Nawa Cita Presiden Republik Indonesia.

“Unit satuan tugas Saber Pungli ini memiliki fungsi utama, yakni membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan tugas pemberantasan pungutan liar di berbagai sektor layanan publik, dengan berbagai tingkatan dan karakteristik yang berbeda-beda,” jelasnya.

Ketua Unit Satgas Saber Pungli Kabupaten Majalengka, Kompol Bobbi Indra mengatakan, dibentuknya unit Saber Pungli ini dikarenakan berkembangnya pungutan liar yang berdampak memiskinkan Negara secara tidak langsung, menurunkan nilai-nilai moral bangsa dan memupuk benih-benih korupsi.

“Jika dibiarkan secara terus menerus akan membudaya dalam lini-lini kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” katanya.

Pungutan liar saat ini, kata dia, sangat memprihatinkan karena merambah mulai dalam tatanan pemerintah pusat, pemerintah proviunsi sampai dengan pemerintah Kabupaten/ Kota di berbagai institusi dan kalangan birokrasi. Harapannya, dengan terbentuknya Unit Satuan Tugas Saber di Majalengka ini, masalah pungli di daerah dapat diatasi dengan cepat dan tegas.

“Dengan terbentuknya Satgas ini, diharapkan akan meningkatkan pelayanan publik di seluruh instansi,” tukasnya. (Abduh)

2184 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*