Waah… 3 Pemuda Ini Lakukan Upacara di Tengah Sungai Cibayawak Tengah Malam

MAJALENGKA (CT) – Untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur tiga pemuda yang tergabung dalam Paguyuban Rangrang Patali asal Desa Majasuka, Kecamatan Palasah melaksanakan upacara bendera di Sungai Cibayawak tepat pada pukul 00.00 WIB, Minggu (16/08) sampai Senin (17/08).

Ketiga pemuda yang melaksanakan upacara bendera yaitu diantaranya Bayu Saeful Ulum, Jajang Pajero, dan Mamat Rahmat. Bayu Saeful Ulum menjelaskan alasan diadakanya upacara bendera pada malam hari karena, acaranya akan lebih terasa lebih bermakna bernilai spiritual, dan Khidmat dalam mengenang perjuangan para pahlawan kemerdekaan.

“Kami merasa, pertengahan malam adalah waktu yang sangat sakral utuk berdoa. Oleh karena itu kami melaksanakan upacaranya pada malam hari,” ungkapnya.

Ketika wartawan CT menanyakan kenapa dilaksanakanya di sungai Cibayawak, Ia menjelaskan karena saat ini, banyak sungai yang kondisinya tercemar akibat seringkali dijadikan pembuangan sampah dan limbah. Oleh karena itu dengan dilaksanakannya di sungai Cibayawak mereka berharap pada momen kemerdekaan ini masyarakat mau memulai kembali menjaga lingkungan.

“Saya sadar dan miris dengan kondisi itu akan banyak berdampak negtif bagi masyarakat,” ujarnya.

Bukan hanya itu ketiga pemuda pun mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk selalu mempunyai spirit tanah air. Karena tanah dan air adalah sumber kehidupan bagi berlangsungnya kehidupan manusia dan hewan di muka bumi ini. (Abduh)

2274 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*