Waah… BPJS Kesehatan Bisa Menanggung Kecelakaan Tunggal

MAJALENGKA (CT) – Biaya pengobatan korban kecelakaan lalu lintas (laka lantas) ditanggung secara bersama oleh PT Jasa Raharja (Persero) dan Badan Penyelanggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, termasuk dalam kejadain kecelakaan tunggal.

Kebijakan itu sudah mulai berlaku saat BPJS Kesehatan mulai beroperasi. Hal tersebut dikatakan Kapolres Majalengka AKBP Yudhi Sulistianto Wahid SIK melalui Kasat Lantas Polres Majalengka, AKP Rezkhy Satya Dewanto didampingi Kanit Laka Lantas Polres Majalengka, Iptu Hendi Suhendi.

Menurut Hendi, dalam penjaminan peserta BPJS yang mengalami laka lantas kedudukan Jasa Raharja adalah sebagai penjamin pertama, sedangkan BPJS Kesehatan sebagai penjamin kedua. “Ini sesuai dengan nota kesepahaman bersama antara Jasa Raharja dan BPJS Kesehatan,” katanya, Jumat (09/10).

Ia menjelaskan, Jasa Raharja menanggung biaya perawatan korban laka lantas hingga batas maksimal santunan pengobatan Jasa Raharja, yaitu bagi korban luka luka maksimal Rp. 10 juta, sedangkan bagi korban yang meninggal dunia maksimal Rp. 25 juta, dengan syarat bukti unit laka lantas Polres Majalengka.

Sedangkan bila ternyata biaya perawatan korban laka lantas melebihi plafon tanggungan Jasa Raharja, akan dibiayai oleh BPJS Kesehatan. Selain itu, dari rapat kordinasi antara Jasa Raharja dan BPJS serta pihak dari kepolisian Polres Majalengka, sambungnya, bagi korban tunggal juga bisa ditanggung BPJS, dengan syarat korban menjadi anggota BPJS kesehatan serta dilampirkan rekomendasi dari unit Laka lantas. Sehingga korban laka lantas selama pengobatan bisa ditanggung BPJS Kesehatan.

”Kecelakaan tunggal juga dapat dibiayai oleh BPJS Kesehatan,” jelasnya. (Abduh)

1722 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*