Warga Desa Karyamukti Keluhkan Anggaran ADD tak Bisa di Cairkan

Majalengkatrust.com – Sejumlah warga Desa Karyamukti, Kecamatan Panyingkiran, Kabupaten Majalengka mempertanyakan Alokasi Dana Desa tidak bisa dicairkan, sementara desa lain sudah bisa mencairkan sebagian dana sejak bulan Juni 2017 lalu.

Tokoh pemuda Desa Karyamukti, Tirta Wirahman dan Akim mengatakan dengan tidak bisa dicairkannya ADD, pembangunan di wilayanya menjadi terhambat.

Padahal ada sejumlah program pembangunan yang sedianya akan didanai bersumber dari ADD yang kini masih tertunda itu.

“Kami tidak mengetahui persis apa alasannya ADD untuk desa kami tidak bisa dicairkan,” kata Tirta.

Hanya informasi sementara yang kami peroleh, alasannya karena tidak memiliki kepala desa terkait habisnya masa jabatan kepala desa sebelumnya, serta pejabat sementara juga mundur karena akan mengikuti pemilihan kepala desa.

Namun jika itu alasannya, harusnya semua desa tidak bisa mencairkan dana tersebut. Jika pencairan ADD harus menunggu pengukuhan kepala desa baru, waktunya masih cukup lama, karena pemilihan baru akan dilakukan pada bulan Juli mendatang.

“Kami memperoleh informasi kalau desa lain yang sama belum memiliki kepala desa depinitif ternyata bisa mencairkan dana tersebut, sedangkan kami tidak,” ungkap Akim.

Mereka mengaku sedianya akan mempertanyakan hal tersebut melalui Camat Kecamatan Panyingkiran atau pejabat berwenang lainnya untuk meminta kejelasan penyebab tidak dicairkannya ADD untuk Desa karyamukti.

Sementara itu Kepala Bagian Tata Pemerintahan Rahmat Gunandar ketika dimintai konformasi perihal tersebut mengatakan belum dicairkannya Alokasi Dana Desa sehubungan masih dalam proses, terkait adanya rencana penambahan alokasi anggaran untuk sejumlah desa.

“Rencananya akan ada penambahan anggaran untuk desa jadi sekarang belum bisa dicairkan menunggu pembahasan rampung dilakukan,” ungkap Rahmat Gunandar.

Dia memastikan seluruh desa akan menerima haknya sesuai anggaran yang sudah tertuang dalam APBD. (Abduh)

837 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*