Wiiih… Hari Ini PNS Majalengka Kompak Pakai Batik

MAJALENGKA (CT) – Memperingati Hari Batik Nasional hampir seluruh PNS di lingkungan Pemkab Majalengka memakai batik saat bekerja di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masing-masing termasuk di sektor pelayanan publik seperti Rumah Sakit, Puskesmas dan lainnya.

Pantauan CT hanya petugas Satpol PP yang sedang piket menjaga pendopo Bupati dan Petugas Damkar dan kebersihan dari BPLH dan tenaga teknis lainnya seperti penguji kendaraan bermotor di Dishub yang tidak memakai batik karena Standar Operasional Pekerja (SOP) mengharuskan mereka menggunakan seragam wajib selain batik. Namun meskipun demikian petugas loket KIR tetap mengenakan batik.

“Memakai batik di Hari Jumat memang sudah biasa bagi para PNS di lingkungan Pemkab Majalengka, kebetulan hari ini bertepatan dengan Hari Batik Nasional,” kata Kabag Humas Setda Kabupaten Majalengka, Junaidi, Jumat (02/10).

Sebagaimana diketahui tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional berdasarkan Keputusan Presiden nomor 33/2009.

Pemilihan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober berdasarkan keputusan UNESCO yaitu Badan PBB yang membidangi pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan yang secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia (world heritage).

UNESCO memasukan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia.

Hal senada dikatakan Onat Bachtiar penyiar Radio Radika FM, Onat beserta karyawan Radio Radika kompak mengenakan baju batik saat bertugas sebagai penyiar.

“Selain sekarang Hari Batik, saya memang suka memakai batik, minimal seminggu tiga kali memakai batik tidak hanya saat ke pesta hajatan atau undangan pernikahan saja,” ungkap Onat yang mengaku memakai Batik Trusmi Cirebon ini.

Hal serupa dikatakan Yati dan Heni, PNS di Puskesmas Bantarujeg ini kompak dengan semua teman sekantornya memakai batik dalam memberikan pelayanan sebagai apoteker dan perawat.

“Bahkan 90 persen memakai batik Trusmi, kami di kantor ini sering ramai-ramai belanja Batik ke Trusmi,” ungkap Yati. (Abduh)

1353 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

*